Rabu, 02 Juli 2008

Laporan Tim Keuangan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Gimana kabar temen-temen semua? Tentunya, senantiasa sehat dan selalu dalam limpahan Rahmat dan KaruniaNya. Ditempat yang baru pasti membawa kesan tersendiri buat sejarah hidup temen-temen semua. Pengabdian pada nusa dan bangsa, motivasi untuk selalu menjadi yang terbaik, dan rasa syukur atas nikmat yang selama ini telah kita peroleh menjadi bentuk pelepas belenggu segala kegundahan asa, jauhnya dari orang-orang yang kita sayangi, dan kenangan-kenangan indah selama di kampus Jurangmangu atau di kampus2 tempat kita menimba segala ilmu untuk mengarungi kehidupan dengan pelita yang terang yang akan mampu membedakan hal2 yang kita hadapi tanpa ragu.

Melalui tulisan yang singkat ini, kami TPP 2007 akan memberikan informasi terkait dengan kondisi keuangan kita. Sejauh ini temen2 yang tergabung dalam tim Keuangan TPP 2007 sedang menjalankan fungsi dan tugasnya. Banyak hal yang harus kami kerjakan dengan beberapa deadline yang harus kami kejar. Beberapa hal yang akan kami sampaikan kepada teman2:

  • Bahwa Gaji dan TKPKN bulan Juli 08 telah kami proses dan telah pula masuk ke rekening temen-temen semua. Perlu kami sampaikan kembali bahwa jumlah TKPKN yang temen2 peroleh disesuaikan dengan kondisi kantor temen2 semua. Jelas ada perbedaan antara yang telah menerapkan Sistem Administrasi Modern dengan yang belum. Bagi teman2 yang kebetulan kantornya belum menerapkan SAM, mohon bersabar coz modernisasi sedang bergulir dan tinggal menunggu waktu. Semoga target DJP, bahwa akhir 2008 semua unit dilingkungan Direktorat Jenderal Pajak telah selesai melaksanakan modernisasi. Be patient, bro...
  • Untuk memastikan jumlah yang seharusnya temen-temen terima silahkan bertanya kepada bendaharawan kantor masing-masing. FYI: kita termasuk dalam grade VII (bagi golongan II/c) dan grade V (bagi golongan II/a).
  • Pembayaran Gaji dan TKPKN selama teman2 belum menerima SKPP adalah menjadi tanggungjawab Bagian Keuangan KP DJP. Sampaikan hal ini kepada sub bagian umum teman2 agar tidak terjadi miss comunication.
  • Rekapitulasi absen temen2 setelah mendapat tanda tangan dari Kepala Kantor atau yang mewakili segera di-fax terlebih dahulu ke Bagian Keuangan dengan u.p Engkos Kostaman. Sedangkan aslinya tetap harus dikirimkan juga. Munyusul ga papa. Apabila teman2 tidak mengirimkan rekapitulasi absen, maka teman2 dianggap tidak masuk dan tidak akan dibayarkan TKPKNnya. Jadi, sangat ditekankan untuk segera mengirim rekapitulasi absen temen2 agar segara ditindaklanjuti teman2 Tim Keungan di Bagian Keuangan KP DJP. Segera setelah rekap absen teman2 sampai ke kami, maka kami akan meng-entry ke dalam aplikasi TKPKN. Proses peng-entry-an ke dalam aplikasi tergantung dari upaya teman2 untuk mengirimkan rekap temen2 ke keuangan KP DJP. Apabila teman2 molor dalam menyampaikan, konsekuensinya TKPKN kita akan terlambat untuk dicairkan. Maka, diharapkan agar temen2 untuk pro aktif mengirimkan rekap absen. Jangan menunggu sub bag umum yang mengirim. Karena Sub Bag Umum akan mengirimkan rekap absen biasanya setelah tanggal 10 setiap bulannya sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana TKPKN yang dikelolanya. Jadi, beda tujuan. Rekap absen yang teman2 kirim adalah untuk mendapatkan TKPKN (karena TKPKN berbasis absensi) sedangkan rekap absen yang dikirim oleh sub bag TU adalah untuk pertanggungjawaban dana TKPKN yang dikelolanya. Untuk lebih jelasnya baca artikel tentang pentingnya Rekapitulasi Absen.
  • Rapel Gaji, kami berusaha untuk tetap sesuai dengan agenda yang telah kami sampekan sebelumnya. Penghitungan rapel gaji mengikuti tanggal SPMT. Menurut aturan, bagian bulan tidak dianggap 1 bulan. So, apabila SPMT kita per tanggal 19 Nov maka rapel gaji terhitung mulai Desember. Bila SPMT per tanggal 5 Oktober, maka rapel gaji per November. Karena bagian bulan tidak dianggap 1 bulan. Rapel Gaji Desember 2007-Juni 2008 kita akan diusahakan agar Agustus 2008 bisa dicairkan. Rapel gaji ke-13 akan kita proses segera setelah pencairan rapel Desember-Juni selesai. Kami minta doa dari temen2 semua agar proses yang kita lalui tidak menemui kendala yang signifikan.
  • Rapel TKPKN, masih dalam proses pembahasan. Semoga kita diberikan hasil terbaik untuk usaha terbaik yang telah kita lakukan. Kami mohon doa dari temen2 semua.
  • Mengenai IPK yang merupakan salah satu hak kita, sampai saat ini sedang dilakukan proses verifikasi dropping untuk seluruh Indonesia sehingga saat ini belum bisa dicairkan.
  • Setelah rapel kita peroleh semua, tahap akhir dari Tim Keuangan TPP 2007 adalah membuat SKPP baik Gaji maupun TKPKN. Proses inipun akan memakan waktu yang cukup lama. Mengingat banyak data yang harus diinput ke dalam aplikasi. Segera setelah selesai pembuatan SKPP Gaji+TKPKN, maka Dosir Pegawai (berisi SKPP dan SK CPNS yang ditujukan ke KPPN unit masing-masing) akan kami kirimkan ke kanwil atasan kantor masing2. untuk diteruskan ke kantor temen2 semua. Setelah teman2 menerima Dosir Pegawai, silakan berkoordinasi dengan Sub Bagian Umum di kantor masing2. mereka yang akan menindak lanjuti.


Itu dulu yang dapat kami sampaikan kepada temen2 semua. Semoga soliditas angkatan kita akan tetap terjaga dengan baik. Support, dukungan, kritikan yang membangun (tentunya) sangat kita harapkan demi suksesnya angkatan kita. Sukses buat kita semua..!


Torehkan tinta emas dalam goresan sejarah masing-masing kita. Yang akan menjadi “cerita” yang penuh hikmah untuk generasi selanjutnya. Saudaraku, Meskipun luasnya lautan memuat kita tidak bisa saling berpandangan. Ketika tingginya gunung menjadi penghalang tali silaturahim diantara kita. Namun, cita-cita harus tetap terwujud dimanapun kita berada.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuhu.

Jakarta, 2 Juli 2008

Tim Keuangan TPP 2007

Contact Person:

Engkos 085280035990

Aviv 085214681571

Tidak ada komentar: